Minggu, 22 Februari 2009

MENGATASI RASA TAKUT



Sajian Kotbah
Minggu, 15 Feb 2008


MENGATASI RASA TAKUT


Nats 2 Raja 1: 1 - 17
Oleh: Pdt. SYAIFUL HAMZAH, S. Th



Di dalam dunia ini tidak ada satu orangpun yang disebut sebagai orang yang paling berani, karena setiap manusia itu memiliki titik kelemahan dalam hidupnya artinya jika ia mengatakan dirinya adalah yang paling berani tetapi ada sesuatu yang ditakuti dalam hidupnya
Dunia pada saat ini mengalami kegoncangan baik itu dalam ekonomi, kekerasan, kemiskinan dan lain sebagainya sehingga tidak sedikit dari manusia yang ada dimuka bumi ini mengalami stress yang berat, hal ini hanya satu yang menyebabkannya yaitu ketakutan.
Hizkia adalah seorang raja yang luar biasa dan dia pernah mengalami mukjizat Tuhan ketika ia sakit, tetapi ketika masalah datang dalam hidupnya ia pun memiliki rasa taku walaupun mukjizat pernah dialaminya. Jadi dalam hal ini membuktikan bahwa setiap manusia itu memiliki apa yang disebut rasa taku, tetapi kita sebagai anak Tuhan harus bisa mengatasi rasa takut yang ada di dalam diri kita seperti yang dilakukan Hizkia, dan ada 3 hal yang dilakukan Hizkia ketika ia diserang rasa takut:

1. Hizkia datang kepada Tuhan ( ayat 14)

Apapun yang mungkin menakutkan dalam hidup kita jangan pernah kita datang kepada tempat yang lain karena hal tersebut tidak akan memberikan kita Solusi yang terbaik dalam mengatasi rasa takut kita, tetapi kita harus datang kepada Nya dengan meminta dukungan Nya melalui doa agar Ia melepaskan rasa takut kita yaitu dengan cara beribadah dan mendengarkan Firman Nya.

2. Hizkia mengontrol hatinya (ayat 15)]

Kedamaian yang ada dalam hidup kita hanya bisa kita sendiri yang mengendalikannya, dan orang lain tidak akan bisa membuat kita damai, karena itu buatlah hatimu damai dengan cara mengimani janji Nya dan memandang setiap masalah yang terjadi dalam hidup kita sebagai suatu berkat yang akan kita terima dibaliknya.

3. Hizkia mendahulukan ucapan syukur sebelum
menerima jawaban dari Tuhan.

Hal yang paling tidak disukai oleh Tuhan adalah persungutan, dan kekecewaan, karena itu jika kita dilanda rasa takut akan masalah yang kita hadapi maka kita harus mengungkapkan rasa syukur kita kepada Nya bahwa Tuhan telah memberikan kita jalan keluar. Jika kita lakukan hal ini maka Tuhanpun akan memberikan jalan keluar dari masalah kita dengan cara yang tidak kita pikirkan secara logika. AMIN.