Selasa, 17 Februari 2009

Sajian Renungan Pdt. DR. Junry Allow, M.Div




"MENGHORMATI TUHAN DALAM BAITNYA YANG KUDUS".


”kamu harus memelihara hari-hari sabatKu dan menghormati tempat kudusKu; Akulah Tuhan” (Imamat 19:30)

Alkitab memerintahkan kepada kita agar menghormati Allah dan Rumah KudusNya (Imamat 19:30; Bilangan 20:12). Siapa yang menghormati Dia dan menghormati RumahNya akan dihormati oleh Allah (1 Samuel 2:30). Kita menghormati Allah dan rumah KudusNya antara lain dengan perilaku, sikap dan kebiasaan dalam ibadah di gereja. Apakah yang perlu kita lakukan dan perhatikan ? topik ini akan kita bahas dalam renungan ini.

Datanglah lebih awal dalam ibadah jemaat (tidak terlambat)
Dalam buku Rumah Kesukaan Tuhan,karya Tommy Tenney, beliau menulis : kita sering terlambat dalam menghadiri ibadah jemaat karena pemahaman kita keliru selama ini, pemahaman dan pemikiran kita yang berlaku selama ini biasanya terungkap dalam kalimat seperti ini ‘yang penting kita datang belum Firman Tuhan / belum khotbah’ pemahaman ini keliru sebab Tuhan tidak perlu Firman Tuhan, manusia yang memerlukan Firman Tuhan tersebut. Jemaat sangat perlu memuji dan memuliakan Tuhan, karena Tuhan menginginkan pujian umatNya, nah apakah akibatnya jika kita datang terlambat dalam ibadah ?? kita akan kehilangan momen & kesempatan / waktu untuk memuji Tuhan dan memuliakan namaNya, padahal inilah waktu yang Tuhan mau kita lakukan dan kita berikan kepadaNYa, waktu yang sangat khusus dimana Tuhan mau kita intim dan dekat denganNya melalui puji-pujian dan penghormatan kepadaNya. Disamping itu juga akibat lainnya kita bisa tidak kebagian tempat duduk.

Seperti halnya dalam kehidupan kita sehari-hari, kita selalu mengharapkan orang lain tepat waktu terhadap kita dan kita juga selalu mengharapkan Tuhan tepat waktu terhadap kita. Sikap acuh tak acuh dan sering datang terlambat ke ibadah menunjukkan bahwa kita kurang menghargai waktu Tuhan dan kepada sesama Tubuh Kristus. Hal ini juga menunjukkan kurangnya penghargaan kita kepada Tuhan dan kepada ibadah yang dipersembahkan kepadaNya. Tuhan memerintahkan umatNya agar beribadah kepada Dia dengan sepenuh hati dan menunjukkan rasa hormat yang sangat tinggi kepada Dia. Coba bayangkan bila kita sedang ditunggu oleh orang yang sangat penting bagi kita misanya Raja kita atau Presiden kita, atau Pemimpin / bos kita, apakah kita berani datang terlambat ??? pasti tidak !! sama halnya dengan ibadah kita di Gereja, kita sedang dinantikan oleh Tuhan kita yang kita kasihi, akan sangat kurang menghargai apabila kita datang terlambat, dan sedang ditunggu oleh Pribadi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Pasti sebaliknya yang akan kita lakukan, kita akan datang lebih awal dan merindukan perjumpaan dengan pribadi yang kita hormati,kagumi dan sayangi tersebut yaitu Tuhan kita Yesus Kristus.